Indahnya Tradisi Negara Di Timur Tengah

Budaya Timur Tengah sepertinya sudah melekat di Indonesia. Dimana tradisi seperti kesenian Hadroh, Qosidah, Makanan yang sudah menyebar di dataran negara Indonesia, serta rempah-rempah yang sudah mulai bercampur dengan negara Timur Tengah ini alhasil menciptakan suatu Tradisi dan kebudayaan yang bercampur menjadi satu. Berbicara Timur Tengah, mungkin yang saat ini kalian ketahui adalah Konflik yang dimiliki oleh negara Iran dengan Amerika terhadap kasusu pembunuhan yang dilakukan oleh Amerika terhadap Qassem sang Jendral besar bagi Elite Iran.

Namun, terlepas dari itu semua, Timur Tengah masih memiliki beberapa negara bagian dalam, yang sangat amat mempesona. Ciri khas atau kebiasaan serta destinasi dari negara bagian inilah yang bisa membuat kalian merasa senang ketika berkunjung ke negara tersebut.

Bagi kalian yang memang beragama Islam, yakni seorang Muslim dan Muslimin. Maka, akan sangat senang dong ketika bulan ramadhan itu tiba. Namun, pernahkah kalian membayangkan merasakan perayaan bulan Ramadhan di wilayah Timur Tengah ? bagaimanakah tradisi yang diadakan di Timur Tengah ? adakah keunikannya ?… ya tentu saja, semua itu pasti ada sensasinya tersendiri. Selain pemandangan yang indah, kalian juga bisa untuk mencicipi makanan lokal dan mengikuti berbagai macam tradisi bulan Ramadahan di Timur Tengah. berikut ini, mimin berikan negara bagian dalam Timur Tengah, yang cocok menjadi list destinasi kalian ketika berkunjung ke Timur Tengah .

Negara Mesir

Mesir , masih masuk kedalam wilayah Timur Tengah. dimana didalmnya terdapat sautu kebiasaan unik dan beberapa destinasi wisata yang sangat indah untuk kalian kunjungi.

Ø Kebiasaan menyambut Ramadhan : terdapat Lampu Fanus serta Hidangan Kunafa.

Berkunjunglah ke negara Mesir, maka kalian akan menemukan banyak sekali rumah-rumah yang dihias dengan menggunakan lampu Fanus saat ramadhan tiba. Masalah tradisinya, sudah turun temurun ada dari Dinasti Fattimiyah. Dimana zaman dulu, lampu ini dipasang dengan tujuan menyambut pasukan Raja yang sedang berkunjung ketika sedang bulan Ramadhan. Tak luput juga, ada hidangan manis yang bisa kalian cicipi saat sedang berada di Negara Mesir. Keunya sendiri adalah kue keju yang sudah dilakukan perendaman dengan sirup yang terbuat langsung dari bihun. Jam puasa disana berbeda dengan di indonesia, yakni 15 jam lebih.

Ø Destinasi

Banyak yang tahu akan Piramida dan juga Sphinx saja ketika sedang berada di Mesir, namun nyatanya negara ini masih memiliki beberapa destinasi lainnya yang menarik untuk di datangi. Yakni wisata kota sbobet88 Luxor ( kota modern ). Letaknya sendiri di kedua tepi  timur dan juga barat dari Sungai Nil di Mesir bagian Utara.

Negara Qatar

Selanjutnya adalah negara Qatar, dimana di Timur Tengah, negara ini masih terekpos juga oleh dunia.

Ø Kebiasaan menyambut Ramadhan : Adanya Festival Garangaou

Tanggal 13 hingga 15 bulan ramadhan, setelah semuanya buka puasa dan juga shalat maghrib. Anak-anak akan melakukan pawai dengan menggunakan kostum khusus untuk bisa merayakan Festival tersebut. bagi anak laki, akan menggunakan baju Arab warna Hitam yang dipadukan dengan Rompi merah dan bersulamkan emas. Untuk anak perempuannya, akan mengenakan pakaian tradisional “ Disdaashas “ yang warnanya cerah dengan adanya ikat kepala atau hijab warna hitam transparanyang berhiaskan benang emas. Layaknya hallowen, mereka berjalan, bernyanyi dan meminta makanan manis yang ada di tiap-tiap rumah.

Ø Destinasi

Kunjungilah masjid terbesar di Qatar yakni State Grand Mosque. Lalu juga ada museum Seni Islam, The Corniche of Qatar, Palm Tree Qatar Island, Katara  Cultural Village, dan berbagai destinasi lainnya yang sangat menarik.

Negara Arab Saudi

Negara Arab Saudi menjadi salah satu negara utama yang pastinya banyak di kunjungi oleh orang-orang yang ada di penjuru dunia ini. dimana masih menjadi bagian di wilayah Timur Tengah.

Ø Kebiasaan menyambut Ramadhan : Menyalakan Meriam

Wi Mekkah sana, ramadhan datang dengan dinyalakannya meriam sebanyak 2 kali. Yang pertama pada saat matahari terbit atau sehri dan satu lagi ketika matahari tenggelam atau iftar. Yang dimana memberitahukan adanya tanda waktu untuk berbuka puasa. Yang menjadi unik dari negara ini ialah, saat menjelang berbuka puasa, orang-orang sana selalu berlomba-lomba untuk bisa memberikan makanan ke orang lain. Terkhusus lagi di Masjidil Haram. Pasti kalian akan banyak nantinya menemukan orang-orang yang bersedekah disana.

Ø Destinasi

Terkenal dengan King’s Fountain ( meuni curug kitu,.. alias air mancur tertinggi yang ada di dunia ). Lokasinya bisa kalian temui di Jedah dan airnya sendiri bisa menyembur hingga ketinggian di angka 853m. Air yang dihasilkan ialah air asin yang memang letaknya di Laut Merah. Atau bisa kalian kunjungi Kingdom Tower, yang menjadi salah satu gedung tertinggi yang ada di dunia. Jangan kalian tinggalkan juga, jika sudah sampai Mekkah melihat langsung Laut Merah yang ada di sana.

Negara Turki

Menjadi salah satu negara yang juga banyak peminatnya. Terutama mimin nih, pengen juga ngerasain jalan-jalan ke negara tersebut.

Ø Kebiasaan menyambut Ramadhan : Terdapat Hidangan Iftariye.

Di Turki, 90% restorannya mungkin akan menyediakan hidangan yang satu ini ketika menjelang buka puasa nanti. Dimana hidangan ini menjadi hidangan pembuka yang diisi dengan Kurma, Zaitun, Keju, Pstrima, Sujuk, dan juga ada roti pide. Dan juga ada kue yang disebut dengan Borek.

Ø Destinasi

Masalah destinasi si jangan di risaukan lagi. Pasalnya negara ini memberikan banyak sekali destinasi yang menarik dengan sejuta pesona yang indah. Bisa terhitungd ari wisata alam sampai pada peninggalan kuno. Terdapat juga Danau Sosa Salin yang sangatlah terkenal dengan memiliki warna air yang sangatlah biru dan juga dikategorikan menjadi danau terbesar yang ada di Turki. Dari legenda yang beredar, di danau tersebut hiduplah sebuah Monster yang menakutkan. Bisa juga kalian datang ke Pamukkale yang memang sudah sangat terkenal sekali di sana dengan adanya mata air yang panas berikut dengan rerintuhan kuno dari Kota Hierapolis yang menjadi salah satu warisan dunia UNESCO.

Negara Kuwait

Mungkin ini menjadi salah satu negara dimana kebiasaan yang dimiliki oleh negara tersebut sama dengan tradisi pada umumnya saat menyambut kedatangan ramadhan tiba. Dimana, membaca Alqur’an atau disebut dengan tadarus serta melakukan Trawih memang sudah menjadi hal pokok utama yang dilakukan oleh orang-orang di negara Kuwait serta yang ada di Indonesia. Intinya si, kebiasaan ini memang sudah menjadi salah satu kebiasaan di benua Asia.

Ø Destinasi

Bisa kalian mengunjungi museum Treq Rajab.ini menjadi salah satu museum yang memang sangatlah indah. Banyak sekali terdapat koleksi yang dihadirkan disana. Koleksi ini sendiri masih da sangkut pautnya dengan perdana menteri Kuwait dengan Isteri Pertamanya. Mengenai koleksi pribadinya ialah perhiasaan perak Oman, lalu ada emas Saudi, Hiasan Kepala, lalu Helm Mongol serta masih banyak lagi koleksi pribadi yang dihadirkan di sana.

Mampir Ke Arab Saudi, Kenali Ciri Makanan Khasnya

Arab Saudi, Timur Tengah. dimana negara yang satu ini menjadi negara Muslim terbesar di dunia. Dan memang dimana terdapat tempat suci umat Islam dalam melakukan ibadah sesuai dengan kepercayaannya. Selain dari itu, Arab Saudi pun juga menjadi terkenal di indonesia berkat adanya persahabatan antara Indonesia dengan Arab Saudi di tahun 2017 silam. Saat itu kita kedatangan Raja Salman yang disambut dengan sangat amat gembira oleh para petinggi yang ada di negara Indonesia. Begitu juga dengan para warga yang tahu akan kedatangan dari Raja Salman ini. jamuan-jamuan yang dberikan pun juga mengundang daya tarik bagi tamu kita sendiri. Dalam kesempatan ini, diambil dari sedikit cuplikan vlogg dari bpk Presiden Joko Widodo sedang melakukan aktivitasnya bersamaan dengan Raja Salman. Dimana dalam videonya langsung memperlihatkan adanya keakraban yang memperlihatkan Raja Salman sedang menyantap hidangan yang disajikan khusus untuk menyambut kedatangan dari Raja Salman ini. dimana disini tidak ada problem dengan makanannya, karena memang makanan yang disajikan ini masih mengandung unsur-unsur Arabnya gengs.

Orang-orang Indonesia sendiri pun juga sering mencicipi amaknan khas dari Arab Saudi. Yakni makanan yang sering di cicipi ialah makanan seperti Nasi Kebuli dengan Kambing Guling, emmm, yummyyy… apalagi kalau udah nyoba kari-kari dari orang-orang Timur sana, nagih deh pasti. Dari banyaknya makanan khas daerah Arab, apsti tidak semuanya bisa kalian kenali dengan mudah bukan ? coba deh kalian lihat ciri-ciri berikut ini agar nantinya kalian lebih paham lagi mengenai ciri khas makanan yang disajikan oleh orang Arab Saudi

Ciri Dari Makanan Orang Arab Saudi

Mungkin jika kalian tahu dan paling kental sekali bsia kalian ketahui yakni dengan pembudidayaan buah Kurma. Dimana buah kurma ini khas dari Timur Tengah yang banyak sekali di perjual belikan di Indonesia ini. dengan adanya buah ini, biasanya akan ditandai dengan bulan-bulan menjelang puasa ya gengs. Karena, meamng saat puasa datang makaann ini akan disajikan untuk makanan pembuka saat puasa dan juga makanan pemanis saat lebaran.

# Penggunaan Dasar Rempah-Rempah

Dari Timur Tengah sana, diajarkan dalam setiap makanannya itu harus memiliki rempah-rempah yang kuat agar cita rasa bertambah dan masakan menjadi harum. Kalau untuk ora Indonesia sendiri, rempah-rempah meamng sudah kaya akan masakan tradisional kita. buktinya dengan Rendang. Dimna semua rempah-rempah dalam penyatuan bumbunya pun begitu terlihat jelas. Dimana beda wilayah beda juga rempah yang diberikan. Kalau kita sih dikasih makanan orang-orang Arab Saudi masih fine fine aja ya gengs, jika yang meamkan orang dari luar negeri sana, amaka akan ada yang suka akan ada yang tidak suka. Karena mereka semua mengira rempah-rempah ini memiliki rasa kaya akan herbal-herbal dan akan begitu pahit jika dimakan dalam jumlah yang banyak.

Nyatanya, Rendang di Indonesia menjadi santapan terenak dan sudah diakui oleh Dunia.

Untuk orang Arab Saudi sendiri bumbu rempah yang biasa atau umum sekali kalian temui yakni ; Kayu Mnais, Safron, Lemon, Kapulaga, serta adanya Daun Parsley. Disini nantinya akan tercipta sautu rasa yang asam dari lemon, bau khas yang unik Timur Tengah banget serta cita rasa unik yang lainnya.

# Terdapat Pengolahan Daging Kambing / Domba

Di dalam setiap menu makanan yang baisa kita temui Nai Kebuli dengan Kambing Guling menjadi salah satu ciri khas yang mduah sekali kalian kletahui bahwasannya makan tersebut berasal dari Arab Saudi. Selain dari makaann tersebut pun masih ada Sate Kambing serta Kebab. Yang didalamnya sudah pasti diisi dengan banyaknya daging kambing. Kadang sering timbul pertanyaan dari orang-orang yang tidak menyukai daging kambing / Domba ini.

Dimana sering bertanya-tanya, “ Kenapa si harus daging kambing atau domba ? kayak gak ada daging yang lain aja si!”. Ya meamng sebenarnya ada juga daging yang lainnya, namun sejak zaman dahulu orang-orang disana lebih mengenal daging kambing dariapda daging yang lainnya. umumnya untuk memasak daging kambing ini dengan cara di rebus dalam jangka waktu yang lama. Dengan sebelumnya dilakukan perendaman terlebih dahulu dengan penggunaan bumbu-bumbu yang pekat.

# Menggunakan Porsi Yang Banyak ( Besar )

Kurang lebih sama seperti norang India, untuk porsi makanannya berjumlah banyak, dengan porsi menggunakan piringan seng yang besar. Tentu saja, ini didorong oelh adanya fakta terhadap orang-orang Arab Saudi sana. Dimana untuk orang-orang sana memiliki badan yang besar, tegap, tinggi, sehingga mengharuskan untuk mengkonsumsi maknanan dalam jumlah yang banyak.

Jika bsia kalian bayangkan, bahwasannya untuk 1 porsi makanan untuk orang Arab Saudi , akan setara dengan 2 – 3 orang yang bisa ikut untuk mengkonsumsi makanan tersebut. berarti dalam hal ini, bisa 2 kali lipatnya  dari porsi orang-orang di Indonesia ya guys. Jadi jika nantinya kalian sedang memesan masakan khas dari Arab Saudi maka, kalian harus bisa mengajak teman kalian dalam menyantap masakan ini berbarengan ya guys. Selainrasanya yang enak, pastinya juga sudah sangat membuat perut jadi kekenyangan.

# Suka Memakan Roti dan Nasi

Tidak berbeda dengan Orang indonesia. Dimana orang-orag arab ini menyukai untuk memakan maknan semacam Roti dan juga Nasi. Dimana nasi juga masih menjadi makanan pokok dari orang-orang Arab Saudi. Untuk roti sendiri juga bisa disantap bebarengan dengan makanan lainnya. entah itu Sup, entah tumisan daging kambing, serta yang lainnya. untuk bahannya sendiri dalam pembuatan roti ada yang berasal dari susu kambing, domba, kacang, serta bahan-bahan yang lainnya. campuran-campuran yang menghasilkan berbagai cita rasa inilah yang disukai oleh orang-orang pada umumnya.

Nah itu tadi sedikitnya ciri-ciri makanan khas dari Arab Saudi yang mudah untuk kalian kenali. Selain daripada itu ada makanan lainnya yang terbiloang populer di Indonesia sebagai salah satu makaan Arab Saudi atau makanan yang berasal dari Timur tengah cocok untuk kalian coba rasakan masakannya atau jsutru kalian bisa coba untuk membuat makanan tersebut.

Makanan yang dimaksudkan ialah ;

  • Nasi Kebuli, dimana untuk makanan ini memang khas dari Timur Tengah sana, yang didalamnya diisi oleh berbagai macam lauk terutama si daging kambing yah. Di indonesia sendiri sering sekali menyantap makanan ini ketika ada acara selamatan, terutama hari dimana Nabi Muhammda SAW lahir yakni disebut dengan Maulid Nabi.
  • Shawarma, lebih mudahnya kalian ketahui adalah kebab. Bisa diisi dengan berbagai macam varian rasa daging. Ada yang menggunakan kambing, ayam, sapi, serta kerbau. Bahkan dalam hal ini ada inovasi dengan menggunakan daging bebek yang super lezat. Dengan nantinya ditambahi oleh bebrapa sayuran lainnya dan juga saus inti dari makanan tersebut.
  • Kofta, sudah pernah dengar bukan ? dimana makanan ini merupakan salah satu makanan khas dari Timur Tengah dengan diisi oleh beberapa daging cincang atau Indonesia mengenal dengan sebutan Bakso.