Mampir Ke Arab Saudi, Kenali Ciri Makanan Khasnya

Arab Saudi, Timur Tengah. dimana negara yang satu ini menjadi negara Muslim terbesar di dunia. Dan memang dimana terdapat tempat suci umat Islam dalam melakukan ibadah sesuai dengan kepercayaannya. Selain dari itu, Arab Saudi pun juga menjadi terkenal di indonesia berkat adanya persahabatan antara Indonesia dengan Arab Saudi di tahun 2017 silam. Saat itu kita kedatangan Raja Salman yang disambut dengan sangat amat gembira oleh para petinggi yang ada di negara Indonesia. Begitu juga dengan para warga yang tahu akan kedatangan dari Raja Salman ini. jamuan-jamuan yang dberikan pun juga mengundang daya tarik bagi tamu kita sendiri. Dalam kesempatan ini, diambil dari sedikit cuplikan vlogg dari bpk Presiden Joko Widodo sedang melakukan aktivitasnya bersamaan dengan Raja Salman. Dimana dalam videonya langsung memperlihatkan adanya keakraban yang memperlihatkan Raja Salman sedang menyantap hidangan yang disajikan khusus untuk menyambut kedatangan dari Raja Salman ini. dimana disini tidak ada problem dengan makanannya, karena memang makanan yang disajikan ini masih mengandung unsur-unsur Arabnya gengs.

Orang-orang Indonesia sendiri pun juga sering mencicipi amaknan khas dari Arab Saudi. Yakni makanan yang sering di cicipi ialah makanan seperti Nasi Kebuli dengan Kambing Guling, emmm, yummyyy… apalagi kalau udah nyoba kari-kari dari orang-orang Timur sana, nagih deh pasti. Dari banyaknya makanan khas daerah Arab, apsti tidak semuanya bisa kalian kenali dengan mudah bukan ? coba deh kalian lihat ciri-ciri berikut ini agar nantinya kalian lebih paham lagi mengenai ciri khas makanan yang disajikan oleh orang Arab Saudi

Ciri Dari Makanan Orang Arab Saudi

Mungkin jika kalian tahu dan paling kental sekali bsia kalian ketahui yakni dengan pembudidayaan buah Kurma. Dimana buah kurma ini khas dari Timur Tengah yang banyak sekali di perjual belikan di Indonesia ini. dengan adanya buah ini, biasanya akan ditandai dengan bulan-bulan menjelang puasa ya gengs. Karena, meamng saat puasa datang makaann ini akan disajikan untuk makanan pembuka saat puasa dan juga makanan pemanis saat lebaran.

# Penggunaan Dasar Rempah-Rempah

Dari Timur Tengah sana, diajarkan dalam setiap makanannya itu harus memiliki rempah-rempah yang kuat agar cita rasa bertambah dan masakan menjadi harum. Kalau untuk ora Indonesia sendiri, rempah-rempah meamng sudah kaya akan masakan tradisional kita. buktinya dengan Rendang. Dimna semua rempah-rempah dalam penyatuan bumbunya pun begitu terlihat jelas. Dimana beda wilayah beda juga rempah yang diberikan. Kalau kita sih dikasih makanan orang-orang Arab Saudi masih fine fine aja ya gengs, jika yang meamkan orang dari luar negeri sana, amaka akan ada yang suka akan ada yang tidak suka. Karena mereka semua mengira rempah-rempah ini memiliki rasa kaya akan herbal-herbal dan akan begitu pahit jika dimakan dalam jumlah yang banyak.

Nyatanya, Rendang di Indonesia menjadi santapan terenak dan sudah diakui oleh Dunia.

Untuk orang Arab Saudi sendiri bumbu rempah yang biasa atau umum sekali kalian temui yakni ; Kayu Mnais, Safron, Lemon, Kapulaga, serta adanya Daun Parsley. Disini nantinya akan tercipta sautu rasa yang asam dari lemon, bau khas yang unik Timur Tengah banget serta cita rasa unik yang lainnya.

# Terdapat Pengolahan Daging Kambing / Domba

Di dalam setiap menu makanan yang baisa kita temui Nai Kebuli dengan Kambing Guling menjadi salah satu ciri khas yang mduah sekali kalian kletahui bahwasannya makan tersebut berasal dari Arab Saudi. Selain dari makaann tersebut pun masih ada Sate Kambing serta Kebab. Yang didalamnya sudah pasti diisi dengan banyaknya daging kambing. Kadang sering timbul pertanyaan dari orang-orang yang tidak menyukai daging kambing / Domba ini.

Dimana sering bertanya-tanya, “ Kenapa si harus daging kambing atau domba ? kayak gak ada daging yang lain aja si!”. Ya meamng sebenarnya ada juga daging yang lainnya, namun sejak zaman dahulu orang-orang disana lebih mengenal daging kambing dariapda daging yang lainnya. umumnya untuk memasak daging kambing ini dengan cara di rebus dalam jangka waktu yang lama. Dengan sebelumnya dilakukan perendaman terlebih dahulu dengan penggunaan bumbu-bumbu yang pekat.

# Menggunakan Porsi Yang Banyak ( Besar )

Kurang lebih sama seperti norang India, untuk porsi makanannya berjumlah banyak, dengan porsi menggunakan piringan seng yang besar. Tentu saja, ini didorong oelh adanya fakta terhadap orang-orang Arab Saudi sana. Dimana untuk orang-orang sana memiliki badan yang besar, tegap, tinggi, sehingga mengharuskan untuk mengkonsumsi maknanan dalam jumlah yang banyak.

Jika bsia kalian bayangkan, bahwasannya untuk 1 porsi makanan untuk orang Arab Saudi , akan setara dengan 2 – 3 orang yang bisa ikut untuk mengkonsumsi makanan tersebut. berarti dalam hal ini, bisa 2 kali lipatnya  dari porsi orang-orang di Indonesia ya guys. Jadi jika nantinya kalian sedang memesan masakan khas dari Arab Saudi maka, kalian harus bisa mengajak teman kalian dalam menyantap masakan ini berbarengan ya guys. Selainrasanya yang enak, pastinya juga sudah sangat membuat perut jadi kekenyangan.

# Suka Memakan Roti dan Nasi

Tidak berbeda dengan Orang indonesia. Dimana orang-orag arab ini menyukai untuk memakan maknan semacam Roti dan juga Nasi. Dimana nasi juga masih menjadi makanan pokok dari orang-orang Arab Saudi. Untuk roti sendiri juga bisa disantap bebarengan dengan makanan lainnya. entah itu Sup, entah tumisan daging kambing, serta yang lainnya. untuk bahannya sendiri dalam pembuatan roti ada yang berasal dari susu kambing, domba, kacang, serta bahan-bahan yang lainnya. campuran-campuran yang menghasilkan berbagai cita rasa inilah yang disukai oleh orang-orang pada umumnya.

Nah itu tadi sedikitnya ciri-ciri makanan khas dari Arab Saudi yang mudah untuk kalian kenali. Selain daripada itu ada makanan lainnya yang terbiloang populer di Indonesia sebagai salah satu makaan Arab Saudi atau makanan yang berasal dari Timur tengah cocok untuk kalian coba rasakan masakannya atau jsutru kalian bisa coba untuk membuat makanan tersebut.

Makanan yang dimaksudkan ialah ;

  • Nasi Kebuli, dimana untuk makanan ini memang khas dari Timur Tengah sana, yang didalamnya diisi oleh berbagai macam lauk terutama si daging kambing yah. Di indonesia sendiri sering sekali menyantap makanan ini ketika ada acara selamatan, terutama hari dimana Nabi Muhammda SAW lahir yakni disebut dengan Maulid Nabi.
  • Shawarma, lebih mudahnya kalian ketahui adalah kebab. Bisa diisi dengan berbagai macam varian rasa daging. Ada yang menggunakan kambing, ayam, sapi, serta kerbau. Bahkan dalam hal ini ada inovasi dengan menggunakan daging bebek yang super lezat. Dengan nantinya ditambahi oleh bebrapa sayuran lainnya dan juga saus inti dari makanan tersebut.
  • Kofta, sudah pernah dengar bukan ? dimana makanan ini merupakan salah satu makanan khas dari Timur Tengah dengan diisi oleh beberapa daging cincang atau Indonesia mengenal dengan sebutan Bakso.